Trik Menemukan Recruitment yang Tepat Sesuai Bisnis

Shortlyst
Lifestyle

Menemukan kandidat yang tepat sesuai kriteria perusahaan tentu bukanlah pekerjaan yang mudah. Metode yang sama mungkin tidak akan sesuai untuk jenis perusahaan yang berbeda. Perusahaan AI misalnya tentu memiliki trik yang berbeda untuk menemukan kandidat yang sesuai dengan kriterianya.

Trik Mendapatkan Kandidat yang Tepat Sesuai Kriteria Bisnis AI

  1. Periksa Referensinya

Ini sebenarnya merupakan tips dan trik mendapatkan kriteria yang sesuai untuk seluruh jenis bisnis. Apapun bisnis yang Anda jalankan, sangat penting untuk memeriksa kredibilitas dari referensi yang diberikan oleh calon kandidat.

Beberapa yang harus Anda cek seperti kredensial pendidikannya, riwayat pekerjaannya hingga latar belakang criminal pelamar. Apabila memungkinkan, Anda bisa meminta referensi langsung dari atasan orang tersebut di tempat sebelumnya dia bekerja.

  1. Deskripsi Pekerjaan Disusun dengan Jelas

Tips berikutnya yang harus dipahami adalah Anda harus menyusun deskripsi pekerjaan secara jelas sejak awal. Deskripsi pekerjaan yang jelas akan mensortir para kandidat pelamar agar lebih spesifik sesuai dengan kriteria yang diinginkan oleh perusahaan.

Untuk melakukan hal ini tentu dibutuhkan kepekaan dan pemahaman yang baik terkait deskripsi pekerjaan yang akan dilakukan kandidat nantinya. Namun dengan melakukan hal ini akan sangat membantu Anda mendapatkan kandidat terbaik secara cepat.

  1. Mengadakan Lomba Terkait AI

Ini adalah salah satu trik paling ampuh yang digunakan beberapa perusahaan AI untuk mendapat talenta terbaik. Perusahaan teknologi besar dunia misalnya, sangat umum menggunakan cara ini untuk menggaet kandidat terbaiknya.

Anda dapat menyelenggarakan sebuah lomba yang menerapkan teknologi AI untuk bidang tertentu. Misalnya jika Anda bisnis yang bergerak di bidang aplikasi AI untuk keuangan, maka rancanglah lomba terkait bidang tersebut. Dari sini Anda bisa mendapatkan talenta terbaik yang sudah mampu bekerja.

  1. Minta Portofolio

Meminta portofolio adalah alternative mengetahui langsung kemampuan kandidat tanpa harus mengadakan lomba seperti tips di atas. Dengan cara ini, Anda bisa melihat langsung kemampuan pelamar tersebut di bidang yang mereka daftar.

Cara ini lumrah digunakan untuk pekerjaan web designer ataupun pekerjaan terkait seni.

  1. Mengintegrasikan Penggunaan Software Recruitment

Tips terakhir ini sudah banyak digunakan oleh berbagai bisnis untuk menemukan talenta terbaiknya. Software berbasis AI dapat membantu Anda menemukan kandidat terbaik sesuai profil yang diinginkan.

Bantu Perusahaan Menemukan Kandidat Terbaik dengan Recruitment Software Terbaik

Menemukan kandidat terbaik dari ratusan bahkan ribuan pelamar bukanlah pekerjaan yang mudah. Pekerjaan ini menuntut kecakapan dan ketelitian dari tim HRD dalam menyaring seluruh profil para pelamar.

Seringkali karena lelah saat menyaring berkas, tim HRD justru menyingkirkan kandidat terbaik dan memilih kandidat yang kurang tepat. Untuk meminimalisir kesalahan yang terjadi saat proses rekrutmen, Anda bisa menerapkan software hiring terbaik yakni Shortlyst ke dalam proses rekrutmen.

Shortlyst adalah software yang sudah menerapkan sistem kecerdasan buatan di dalamnya yang didukung oleh bantuan database besar dalam menyaring profil terbaik. Di dalam database tersebut terisi lebih dari 600 juta profil yang akan disaring secara otomatis oleh Shortlyst.

Nantinya tim HRD akan langsung mendapatkan rekomendasi kandidat terbaik berdasarkan kualifikasi yang sudah mereka tetapkan di dalam sistem. Dengan bantuan software Shortlyst, maka risiko kesalahan dalam memilih kandidat akan dapat diminimalisir oleh perusahaan.

Kemampuan perusahaan dalam menemukan rekrutmen yang tepat akan sangat menentukan kesuksesan perusahaan ke depan. Dengan menggunakan bantuan metode kecerdasan buatan dari software Shortlyst, Anda akan lebih mudah dalam menggali lebih jauh profil setiap kandidat dan mendapat rekomendasi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *