Percantik Halaman dengan Taman Rumah, Ini Dia Persiapannya!

Lifestyle

Guna mempercantik halaman depan yang kosong, Anda bisa menambahkan taman rumah. Selain menambah keindahan, taman juga bisa memberi kesan asri.

Nah, bagi Anda yang berencana membuatnya, perlu memperhatikan beberapa hal, misalnya penggunaan bata ringan karena memiliki beragam keunggulan. Persiapan apalagi yang diperlukan? Simak yuk selengkapnya!

Percantik Halaman dengan Taman Rumah, Berikut Persiapannya!

Taman memiliki banyak manfaat. Bagi Anda yang memiliki anak kecil, taman bisa digunakan sebagai tempat bermain. Selain itu, taman pun bisa dijadikan sebagai tempat relaksasi.

Dalam pembuatan taman diperlukan beberapa persiapan agar hasilnya tidak mengecewakan, berikut diantaranya:

●      Ukur Luas Lahan Kosong

Tentu menghitung luas lahan yang akan dibuat taman menjadi hal pertama yang tidak boleh Anda lewatkan. Dengan mengetahui luas secara pasti, Anda bisa memperkirakan besarnya biaya yang dibutuhkan. Terlebih jika Anda menggunakan jasa pembuat taman yang memerlukan biaya yang tidak sedikit.

●      Siapkan Konsep Taman yang Diinginkan

Berikutnya pikiran mengenai konsep taman yang Anda impikan. Dengan memikirkan terlebih dahulu desainnya Anda akan menghemat waktu, tenaga dan biaya.

Ada banyak sekali desain taman yang bisa dipilih sesuai selera. Lagi-lagi bisa disesuaikan dengan anggaran serta luas tanah yang dimiliki. Anda bisa memilih taman vertikal untuk menyiasati lahan sempit. Anda juga bisa menambahkan kolam ikan atau air mancur untuk menambah daya tariknya.

●      Hitung Biaya Pembuatan

Biaya menjadi hal krusial yang perlu dipersiapkan sebelum membuat taman rumah. Agar lebih akurat, Anda bisa melakukan survei ke beberapa penyedia material untuk membuat taman.

Anda bisa menanyakan harga semen, harga pasir atau harga bata ringan terlebih dahulu dan menyesuaikan dengan budget yang disiapkan.

●      Posisikan Beberapa Elemen Penting

Selanjutnya posisikan beberapa elemen penting terlebih dahulu. Misalnya dimanakah Anda akan meletakkan tanaman, dimana kolam akan dibuat atau dimana lampu taman akan ditempatkan dan sebagainya.

●      Gunakan Bata Ringan untuk Hasil Lebih Cepat dan Estetik

Dalam pembuatan taman rumah, bata ringan dapat Anda pilih karena memiliki beragam keunggulan. Sesuai namanya, bata ringan memiliki bobot 2 hingga 3 lebih ringan dibanding batu bata merah dan 4 hingga 5 kali lebih ringan dibanding beton namun dengan kekuatan yang setara.

Hal ini karena bahan baku pembuatannya berasal dari semen, batu kapur, gypsum, air, adonan pasir silika serta aluminium bubuk. Proses pembuatannya pun diawetkan dengan diberi panas dan tekanan tinggi memakai mesin autoclave yang menjadikannya lebih kuat.

Saat memilih bata ringan, Anda bisa menggunakan merek SCG yang telah dipercaya hingga 50 tahun. Produk SCG Smartblock memiliki keunggulan yang membuatnya tak hanya tepat untuk dibuat taman namun juga dipakai sebagai bahan baku dalam membuat hunian antara lain:

  1. Mampu mengurangi perpindahan panas hingga 10x bila dibandingkan dengan beton biasa. Ini dapat menghemat listrik hingga 30%.
  2. Menggunakan bantuan aplikasi acoustical superior dapat meredam suara dari luar.
  3. Dapat menahan api hingga 2 sampai 4 kali lebih lama dibanding bata merah dari tanah liat.
  4. Bisa menyerap tekanan gempa sehingga lebih tahan akan guncangan gempa.

Lahan kosong yang ada di depan rumah bisa dimanfaatkan untuk membuat taman. Agar memberi hasil yang tidak mengecewakan, Anda bisa melakukan beberapa persiapan seperti yang telah disebutkan di atas.

Jangan lupa pilih bata ringan dari SCG karena memiliki berbagai keunggulan, cepat dipasang sehingga bisa menghemat durasi dan biaya pembuatan taman rumah maupun hunian.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *