Tips Agar Bisa Memilih Data Center yang Terpercaya

Techno

Memilih data center perusahaan tidak bisa sembarangan, karena selain merupakan investasi penting, data center adalah penopang kebutuhan perusahaan dalam mengelola dan menyimpan data. Data center alias pusat data adalah fasilitas yang ketika direncanakan dan ditentukan harus memenuhi sejumlah kriteria agar tidak menimbulkan kendala di kemudian hari.

 

Di Indonesia sendiri, penggunaan data center memang tengah mengalami peningkatan yang sangat pesat dari tahun-tahun sebelumnya. Hal ini mengingat sudah semakin banyak bisnis yang secara digital beroperasi. Bahkan, saat ini juga sudah tersedia berbagai penyedia dan integrator yang bisa memberi Anda dukungan teknis dalam merancang maupun menyewa data center untuk perusahaan.

 

Berikut ini tips yang dapat membantu Anda menemukan fasilitas maupun penyedia data center terbaik di Indonesia

 

  1. Lokasi Data Center Indonesia

Dalam hukum bisnis, lokasi adalah segalanya. Demikian juga dengan lokasi data center, yang juga tidak bisa disepelekan. Aspek yang satu ini bisa berpengaruh pada aspek penting lainnya, mulai dari kualitas jaringan, keamanan, juga skalabilitas. Tak ada salahnya untuk melakukan survei langsung, sehingga Anda bisa memantau kondisi bangunan data center yang akan digunakan. Idealnya, lokasi dari faslilitas harus berada di daerah yang tidak rentang dengan bencana alam, memiliki akses dan kualitas jaringan yang memadai, dan masih berada di kawasan bisnis di pusat kota besar. Pastikan juga bahwa data center yang Anda seleksi tersebut sudah memenuhi standar prosedur, mulai yang terkait operasional, maintenance, rencana pemulihan, serta mitigasi bencana.

 

  1. Sistem Pencadangan

Kemudian, yang tidak kalah penting dalam pemilihan sebuah pusat data adalah kemampuannya dalam membuat sistem pencadangan yang baik. Saat ini, sesungguhnya Anda tidak perlu khawatir karena data center di Indonesia rata-rata sudah dilengkapi dengan sistem backup yang semakin bisa diandalkan. Tentunya sistem pencadangan ini sangat krusial karena menyangkut keamanan dan ketersediaan data jika sewaktu-waktu terdapat kendala yang menyebabkan kinerja terpaksa terhenti. Sistem pencadangan atau backup data saat ini tidak cuma berfungsi untuk menyimpan, melainkan juga mereplikasi data di lokasi lainnya, khususnya jika data center mengalami hal yang tidak diinginkan.

 

  1. Sistem Keamanan

Prioritas selanjutnya adalah memastikan sistem keamanan data center Indonesia yang Anda seleksi sangat-sangat ketat dan baik, karena hal ini sangat menentukan data perusahaan Anda rentan dengan kebocoran atau tidak. Pastikan bahwa keamanan data center memiliki beberapa lapis sistem yang berfungsi untuk mengantisipasi hal-hal buruk dan mampu melindungi dari berbagai ancaman, entah itu dari segi teknis maupun serangan atau akses tidak sah. Pastikan juga bahwa penyedia data center Anda sudah mengimplementasikan multi-level security di dalam sistemnya dan pemantauan bisa dilaksanakan secara konsisten. Itu sebabnya menggunakan layanan colocation data center pihak ketiga bisa sangat membantu, karena memungkinkan penyedia dan pengguna layanan untuk menjaga keamanannya. Dengan demikian, potensi dan risiko serangan bisa terdeteksi lebih dini.

 

  1. Bandwidth

Aspek selanjutnya yang berkaitan dengan kemampuan data center dalam mendukung bisnis Anda secara jangka panjang adalah memastikan data center menawarkan bandwidth yang besar. Bandwidth sendiri merupakan hitungan konsumsi transfer data yang diukur berdasarkan skala bit per-second (bps). Dengan begitu, jika sewaktu-waktu perusahaan Anda berkembang pesat dan semakin banyak pengguna harus bergantung pada layanan perusahaan, Anda tidak akan kelimpungan saat membutuhkan kapasitas bandwidth yang semakin banyak.

 

 

Salah satu penyedia data center terpercaya adalah neuCentrIX yang memberikan pelayanan data center terbaik di Indonesia. neuCentrIX adalah pusat data dan layanan cloud untuk bisnis yang memberi Anda kenyamanan fungsi carrier-neutral. Bertujuan menjadi Global Digital Hub, kami siap memperluas ekosistem digital Anda. Terletak di lebih dari 13 kota besar di Indonesia, pusat data neuCentrIX menyediakan kapasitas besar dengan jangkauan luas dan konektivitas tanpa batas.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *