Sejarah Lahirnya Bitcoin, Uang Crypto yang Melegenda

Lifestyle

 Nanovest merupakan salah satu Indonesia crypto exchange yang bisa diandalkan, untuk pembelian dan penjualan aset crypto kapan pun dan di mana pun, salah satunya Bitcoin. Mengenai jaminan keamanan tidak perlu diragukan, karena Nanovest beroperasi dengan regulasi yang dijamin jelas. Sebelum membeli Bitcoin di Nanovest, tidak ada salahnya memperluas wawasan terkait Bitcoin. Salah satunya mengenai sejarah lahirnya legenda crypto tersebut.

 

Sejarah Lahirnya Bitcoin

Dilansir dari berbagai sumber, kemunculan Bitcoin diawali dari proses menciptakan mata uang digital di era 90-an. Pada masa tersebut, pertukaran uang maupun transaksi online masih berhadapan dengan masalah mata uang yang nilainya tidak sama. Sehingga mulai banyak pihak yang berusaha menciptakan mata uang khusus, yakni mata uang digital.

 

Belasan tahun dalam proses menciptakan mata uang digital, rupanya sempat mengalami kebuntuan dalam beberapa tahun. Hingga di tahun 2009, publik, khususnya pecinta game online, mulai mengenal Bitcoin yang merupakan salah satu jenis crypto. Meskipun banyak sumber menjelaskan Bitcoin rilis di tahun 2009, namun belum ada yang mengetahui pasti tanggal rilisnya.

 

Bitcoin berasal dari gagasan penelitian yang diusung oleh sosok bernama Satoshi Nakamoto. Penelitian yang dilakukan Satoshi diberi tajuk “Bitcoin: A Peer to Peer Electronics Cash System”. Judul penelitian ini kemudian diunggah oleh Satoshi di forum diskusi kriptografi. Respon yang positif ditunjukan oleh member di dalam forum diskusi tersebut.

 

Tidak berselang lama, Bitcoin kemudian dirilis secara resmi kepada publik dan aktif digunakan sebagai alat pembayaran transaksi online. Siapa saja yang melakukan transaksi online kemudian tidak perlu repot memikirkan transfer uang dari rekening karena sudah menggunakan Bitcoin. Sejak Bitcoin dirilis, jenis crypto baru terus bermunculan sampai sekarang.

 

Penggunaan yang Semakin Luas

Sebagai uang digital pertama, Bitcoin tidak membutuhkan waktu lama untuk populer dan digunakan banyak orang yang aktif melakukan transaksi di internet. Berbagai sumber menyebutkan jika ada banyak situs yang menggunakan Bitcoin sebagai mata uang untuk transaksi apapun yang dilakukan di dalamnya.

 

Penggunaan Bitcoin yang semakin luas kemudian menyentuh nyaris semua negara di dunia, termasuk di Indonesia. Di Indonesia sendiri, Bitcoin semakin banyak digunakan berkat sentimen dari berbagai influencer dan media. Apalagi nilai Bitcoin di tanah air sejak pertama kali masuk sudah meningkat dalam nilai yang fantastis.

 

Diketahui, Bitcoin pertama kali digunakan di Indonesia per kepingnya dihargai Rp 3 juta. Saat ini, satu keping Bitcoin sudah menembus angka ratusan juta Rupiah. Sebuah peningkatan yang sangat tajam jika dibandingkan dengan nilai crypto lainnya. Bahkan Bitcoin mampu mengalahkan return produk investasi jenis apapun, termasuk saham.

 

Tidak heran jika masyarakat Indonesia kemudian mulai mempertimbangkan Bitcoin untuk dijadikan aset investasi. Apalagi masa depan Bitcoin dan jenis crypto lainnya diprediksi sangat cerah, mengingat transaksi online antar negara terjadi semakin sering setiap harinya. Jika saat ini tertarik berinvestasi dengan Bitcoin, selalu gunakan aplikasi terpercaya.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *