Kiat-Kiat Meraih Kebebasan Finansial

produk asuransi khusus investasi
Lifestyle

Kebebasan finansial atau financial freedom acap kali diartikan sebagai kondisi ketika seseorang sudah memiliki cukup uang simpanan, investasi finansial, serta uang tunai untuk membiayai level kehidupan yang ia inginkan (MoneyFit). Tak heran bila menabung dan berinvestasi menjadi dua tahapan awal nan penting untuk mencapai sebuah kebebasan finansial. Selain menempatkan uang pada produk asuransi khusus investasi, berikut adalah kiat-kiat lain untuk mencapai financial freedom:

  • Atur tujuan hidup. Kiat utama untuk meraih kebebasan finansial adalah mengatur tujuan hidup. Untuk menemukan jawaban atas tujuan hidup, Anda bisa memulainya dengan menuliskan berapa minimum uang simpanan yang harus ada dalam rekening Anda—tuliskan jangka pendek dan jangka panjangnya.

Kemudian, Anda juga bisa memilah gaya hidup seperti apa yang Anda ingin miliki di hari esok hingga hari tua. Terakhir, tentukan kapan tujuan finansial ini harus terwujud. Semakin spesifik tujuan hidup Anda, maka akan semakin mudah Anda mencapai kebebasan finansial.

  • Buat anggaran. Sekadar rencana tentu tak akan membawa Anda ke mana-mana. Oleh sebab itu, kiat lanjutan setelah menuliskan tujuan hidup adalah membuat anggaran. Anggaran ini meliputi bujet atau pos dana dari penghasilan bulanan Anda.

Misalkan Anda memakai perhitungan 50/30/20: 50% penghasilan untuk kebutuhan sehari-hari, 30% untuk belanja barang-barang pribadi, 20% untuk ditabung. Contoh lain Anda mengalokasikan 50% penghasilan untuk biaya hidup sehari-hari, 40% untuk ditabung atau diinvestasikan, dan 10% untuk memenuhi keinginan. Yang perlu diingat, kalkulasi anggaran ini perlu Anda sesuaikan sendiri dengan kondisi finansial dan kebutuhan Anda.

  • Lunasi utang. Apakah Anda memiliki sisa cicilan dengan kartu kredit? Jika ya, jangan ragu untuk lekas melunasi utang tersebut. Caranya dengan membayar sebelum atau saat jatuh tempo. Dengan begitu, Anda tak perlu kehilangan uang Anda untuk membayar bunga atau denda keterlambatan.

Sedikit tips, Anda bisa menggunakan fitur autodebet untuk pembayaran utang dari rekening penghasilan Anda. Tak hanya mengurangi ‘kehilangan’ uang, membayar cicilan tepat waktu pun bisa menolong skor kredit Anda di mata lembaga keuangan.

  • Seperti yang sudah disinggung di atas, investasi menjadi salah satu trik paling baik untuk meraih kebebasan finansial. Pasalnya, memungkinkan Anda memperoleh untung yang cukup besar, apalagi jika Anda menempatkan dana Anda di wadah yang tepat. Tentu, untuk tahu instrumen mana yang cocok buat Anda, Anda harus gali dan pelajari informasi seputar investasi sebanyak mungkin.

Beberapa instrumen atau wadah investasi yang bisa Anda pilih adalah deposito di bank, surat-surat berharga—seperti obligasi, reksa dana, ataupun saham, emas, rumah, sampai macam-macam produk asuransi.

Itulah dia ulasan tentang kiat-kiat meraih kebebasan finansial. Selain mengaplikasikan keempat tahap di atas, ada satu kunci yang harus Anda terapkan: konsisten. Sebab, rencana-rencana baik Anda di atas tidak akan terwujud bila tidak Anda terus upayakan. Ingat, sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit itu bukan sekadar omong kosong, loh!

Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *